Cara Mudah Mensetting Mikrotik RB 750

| Jumat, 23 November 2012


Apa itu Mikrotik RB 750? Menurutku ne ya, (simpulan dari beberapa artikel yang aku baca) : merupakan sebuah routerboard yang sangat berguna sekali dalam jaringan terutama dalam internet sharing. Misal di rumah kamu ada beberapa komputer atau laptop yang saling berhubungan ke internet, agar bandwith internet yang kamu ambil dapat terbagi rata dan tidak saling rebutan, maka perlu mikrotik ini. Emang kenapa kalau rebutan? kalau rebutan dan nggak dibagi ya akan terjadi saling tarik menarik bandwith, yang akibatnya user di internet share itu nggak stabil bandwith yang didapat, jadi kadang terasa lemot internetnya.

Contoh internet share di rumah itu tadi merupakan contoh untuk internet share skala kecil, kalau yang skala besar misalnya di perkantoran, warnet, hotspot di cafe dan sebagainya, apalagi di internet share yang lebih besar dan luas jangkauannya, penggunaan mikrotik ini tidak boleh dikesampingkan, selain agar bandwith yang didapat terbagi rata antara browsing, game online dan download, mikrotik bisa juga digunakan untuk memblokir situs-situs porno dan situs-situs lain yang tidak diinginkan. Biasanya kalau ada yang mendownload file pakai Internet Download Manager (IDM) entah itu file pdf, mp3, apalagi film yang gede banget ukurannya, kalau nggak dilimit (dibatasi) pakai mikrotik ini, maka yang lainnya akan keganggu dan jadi lemot. Berikut cara setting Mikrotik RB 750 :
Sebelum lanjut ke lagkah-langkah mensetting Mikrotik RB 750, aku akan berikan sedikit tambahan penjelasan. Jadi Mikrotik itu ada 2 macam, ada yang pakai hardware ada yang berupa software. Mikrotik yang sedang aku bicarakan (RB 750), merupakan mirotik yang berbentuk hardware, "apa yang bentuknya hardware hanya RB 750?" Tidak. Mikrotik banyak sekali versinya, mikrotik RB 750 merupakan salah satu mikrotik yang ekonomis dan praktis, namun mampu diandalkan dengan baik.

Kalau yang pakai software, kamu harus mendownload file ISO nya dulu dan kemudian kamu burning, karena ini merupakan salah satu distro linux. Kemudian setelah mendownload dan kamu burning dalam bentuk CD, kamu harus menyediakan komputer khusus yang hanya diinstal oleh mikrotik itu saja. Spesifikasi komputernya yang sederhana aja udah bisa, seperti pentium III, RAM 512 mb, HDD 10 GB,  spesisfikasi seperti itu sudah bisa untuk user sebanyak 150 orang (CMIIW). Jadi terserah kamu mau pilih yang software atau hardware, kalau hardware harganya berkisar Rp. 400rban. Untuk yang dibahas di sini merupakan mikrotik berbentuk hardware, gambarnya seperti di bawah ini :
Mikrotik RB 750 dengan 5 lubang ethernet, bentuk simpel namun tangguh
Ok, sudah cukup perkenalannya dengan Mikrotik RB 750, sekarang waktunya kita pasang. Hmmmm sebenarnya aku nggak bisa sendiri nyetting ini alat, "Wah payah lu lonx.....lho nipu ye,,,?" Noooo ....!!! sebentar guys, aku emang belum bisa sendiri mensetting mikrotik RB 750 ini, tapi aku dipandu ama blog yang khusus bahas tentang setting mikrotik ini. Blog milik Mas Husni yang mengusung tema tentang Wireless, Router, Proxy ini aku akui sangat lengkap, kalau kamu mau belajar tentang jaringan, kamu sangat aku rekomendasikan banyak ngangsu kawruh di sana? "Apaan sih ngangsu kawruh?" hehe.... ngangsu kawruh itu artinya belajar, menimba ilmu. Ok langsung yuk, kita menuju di postingan yang membahas tentang Setting Mikrotik RB 750, silakan klik di sini. Kalau ada yang punya pengalaman lain tentang setting mikrotik RB 750, jangan ragu untuk menuangkannya di kotak komentar ya.... Good Luck ya....

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲