Cara Instalasi Mikrotik versi CD ISO

| Jumat, 23 November 2012
Sekarang saya mau lanjutin mengenai instalasi Mikrotik. Bagi kamu yang masih pemula silakan baca-baca dulu tulisan saya sebelumnya mengenai Pengenalan Mikrotik terlebih dahulu yang berisikan penjelasan singkat apa itu mikrotik, fungsi, manfaat dan beberapa tipe instalasi yang bisa digunakan. Tulisan ini khusus membahas instalasi Mikrotik menggunakan media Compact Disc (CD) atau biasa disebut CD-Install.

Pendahuluan

Untuk instalasi software RouterOS, kamu akan butuh perangkat CD-Writer dan CD kosong. Silakan bakar (burning) file .ISO yang sudah kamu download ke dalam CD menggunakan software pembakar CD seperti Ahead Nero dan software favorit kamu lainnya. Pada tutorial ini saya akan mencoba memberikan visualisasi berupa gambar-gambar langkah demi langkah instalasi RouterOS versi 2.9.6 pada komputer PC.

Langkah Instalasi

  1. Masukkan CD yang sudah dibakar ke dalam CD Drive, lalu booting PC.
    instalasi mt 1
  2. Pilihlah paket instalasi yang ingin digunakan. Proses ini berkaitan dengan lisensi RouterOS yang kamu miliki.
    instalasi mt 2
  3. Tekan tombol “I” untuk melanjutkan instalasi. Kamu akan ditanya apakah akan meneruskan dengan memformat isi hard disk (hati-hati jangan sampai salah hard disk). Saat ditanya apakah akan menyimpan informasi lama, silakan dijawab tidak atau tekan tombol “N”.
    instalasi mt 3
  4. Ambil snack dan minuman ringan serta tunggulah beberapa saat selama proses instalasi dilakukan.
    instalasi mt 4
  5. Sudah selesai? tekan Enter untuk melakukan booting pertama kali RouterOS.
    instalasi mt 5
  6. Sesaat setelah RouterOS berhasil di boot, kamu akan dihadapkan pada layar seperti gambar 6. Lakukan pengecekan sistem terhadap kemungkinan kerusakan yang terjadi, tekan tombol “Y”.
    instalasi mt 6
  7. Kamu sudah selesai melalukan instalasi RouterOS.
    instalasi mt 7

Proses Login dan Sistem Konsol

Setelah sukses instalasi kamu sudah dapat login untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar 7. Gunakan username admin dengan password kosong (tekan tombol Enter saja). Kamu wajib mengganti password dengan password-mu sendiri, gunakan perintah /password.
instalasi mt 8
Paket standar Mikrotik yang sudah kamu install minimal akan berisi paket sistem (system package) saja. Termasuk dasar Routing IP dan Administrasi Router. Untuk menambah paket lainnya seperti wireless, OSPF, IP Telephony dan sebagainya silakan download terlebih dahulu paket-paketnya. Penting untuk diperhatikan adalah saat memilih paket tambahan yaitu harus sama versinya dengan RouterOS yang kamu gunakan. Jika tidak maka paket tambahan tersebut tidak dapat diinstalasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲